COBA PERUNTUNGAN BISNIS CATERING UNTUK KATEGORI CATERING DAN SNACK DI PADI UMKM DENGAN CARA BERIKUT INI

 

Menentukan Jenis catering dan snack, jenis pertama yaitu catering dan snack Pesta Sesuai dengan namanya, usaha catering dan snack pesta ini berarti Anda melayani pesanan makanan khusus untuk acara pesta yang cukup besar. Contohnya adalah acara pernikahan, pesta ulang tahun, dan lain-lain. Jenis usaha ini membutuhkan perencanaan dan pengelolaan yang matang. Sudah bukan catering dan snack berskala kecil lagi, Anda harus mempersiapkan masakan dalam jumlah besar untuk hidangan prasmanan ataupun ala carte.

Jenis kedua yaitu catering dan snack Perusahaan/Kantoran, Sasaran dari usaha ini adalah suatu perusahaan dengan karyawan dalam jumlah besar. Biasanya perusahaan membutuhkan catering dan snack yang berbentuk prasmanan untuk dihidangkan di kantor atau di pabrik-pabrik. Ada juga beberapa kantor yang membutuhkan catering dan snack dengan porsi besar untuk kebutuhan rapat dan gathering antar cabang.



Jenis ketiga catering dan snack untuk Sekolahan, Hal yang menjadi tantangan dalam menjalankan usaha catering dan snack untuk anak sekolahan adalah jenis makanan yang dihidangkan. Mengingat anak-anak sekolah pasti membutuhkan gizi dan nutrisi yang baik, tentunya Anda sebagai penyedia catering dan snack juga harus mempersiapkan makanan yang bergizi. Namun yang menjadi keuntungan, Anda tidak perlu repot-repot mempekerjakan karyawan. Karena biasanya makanan dikirim dalam bentuk box dan yang bertugas untuk menyiapkannya adalah pihak sekolah.

Jenis keempat catering dan snack Rumahan, Mempunyai keinginan memasarkan catering dan snack berupa nasi box ke rumah-rumah untuk acara tertentu, Anda bisa memulai usaha catering dan snack  rumahan. Modal yang dikeluarkan tidak akan terlalu besar. Namun, jenis catering dan snack ini biasanya bersifat ‘musiman’, sehingga bisa saja omzet yang didapat juga tidak akan terlalu besar. Dari semua jenis catering dan snack tadi, Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan pelanggan Anda. Untuk menambah referensi Anda bisa simak artikel ide bisnis makanan.

Selanjutnya Menentukan Nama Brand, Tentunya dalam setiap usaha pasti membutuhkan nama brand, tak terkecuali pada usaha catering dan snack yang Anda tekuni. Tentukan nama brand setelah Anda yakin memilih jenis catering dan snack mana yang akan ditekuni. Pilihlah nama brand yang mudah diingat, berhubungan dengan catering dan snack, dan mempunyai makna/arti yang baik. Jangan salah Pemilihan nama brand yang baik bisa mendatangkan keberuntungan Jangan lupa juga mempersiapkan logo. Dengan adanya nama brand dan logo, usaha yang Anda tekuni akan terlihat lebih profesional. Sebisa mungkin logo atau brand yang sudah dibuat dicetak dan dijadikan label makanan. Anda bisa simak contoh label makanan untuk memberikan referensi label makanan yang menarik.

Mencari Supplier Murah dan Berkualitas, Harga bahan baku makanan di toko satu dengan lainnya mungkin tidak jauh berbeda. Tapi, jika Anda berniat memulai bisnis catering dan snack, otomatis Anda harus mempersiapkan bahan baku dalam jumlah banyak bukan? Karena perbedaan kecil itu nantinya akan menekan modal Anda menjadi lebih sedikit. Pilihlah toko yang menyediakan supplier paling murah. Tidak hanya itu saja, pilih juga yang berkualitas. Jangan sampai supplier tersebut menjual bahan baku yang tidak segar bahkan busuk. Sebaiknya, Anda langsung membeli ke tempat ‘kulakan’ bahan baku, jangan membelinya di pasar ataupun toko kelontong. Dengan begitu, Anda pasti mendapat harga yang cukup miring.